Bagaimana sih cara memasak pare agar tidak pahit ? Pertanyaan ini sering muncul di benak ibu-ibu yang ingin mengolah sayur yang mempunyai rasa pahit dengan permukaan bentol-bentol ini menjadi masakan yang lezat. Pada dasarnya memang sangat susah untuk benar-benar memisahkan pare dengan rasa pahit, namun kita masih dapat berusaha untuk mengurangi rasa pahit dengan mencampurkan bumbu-bumbu dapur.

Karena rasa pahitnya yang sangat luarr biasa, banyak anak muda yang tidak mau makan sayur pare. Lain cerita dengan para orang tua, walaupun terasa pahit di lidah, mereka tetap berusaha memakan pare demi menurunkan kadar glukosa darah (pare sangat digemari penderita diabetes). Banyak sebagian dari mereka yang mengkomsumsi pare supaya mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Dibawah ini adalah beberapa tips sederhana untuk menguragi rasa pahit pada pare yang dapat ibu coba dirumah.

Remas-remas dengan garam

Caranya adalah potong sayur pare menjadi dua bagian, selanjutnya buah isi pare dan bersihkan selaput putih yang dibagian dalam, kemudian iris tipis-tipis. Taburkan garam halus dan remas-remas hingga pare mulai melemas. Diamkan pare selama 15 menit. Cuci dengan air bersih dan mengalir kemudian pare tersebut siap untuk diolah.

Merebus dengan garam

Jika dalam tips pertama dengan cara meremas-remas irisan pare dengan garam. Anda juga dapat mencoba merebus pare bersama garam hingga setengah matang.

Menggunakan daun jambu biji

Remas daun jambu biji kemudian rebus bersama pare ke dalam air yang mendidih. Dengan merebus selama kurang lebih selama lima menit. Untuk ½ kg buah pare gunakan 10 lembar daun jambu biji. Setelah proses ini rasa pahit dalam pare akan jauh lebih banyak berkurang.

Menggunakan tanah liat

Lempengan tanah liat kering atau dalam bahasa jawa disebut ampo bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit berbagai makanan seperti. Baca selengkapnya cara memasak pare agar tidak pahit